Sejarah St Tunasmuda Sidakarya


Tempat untuk organisasi para pemuda dimasin-masing banjar di Bali memang sudah ada sejak dulu namun belum diberi nama seperti organisasi sekaa teruna seperti sekarang ini. Di Desa Pekraman Sidakarya tepatnya di Banjar Dukuh Mertajati sudah ada sekaa teruna teruni yang diberi nama Sekaa Teruna Teruni Mertajati yang diprakarsai oleh I Made Nuja (mantan Kepala Lingkungan Br dukuh Mertajati) dan I Wayan Gerdut (alm)


Pada saat itu kegiatan para pemuda saat itu membantu banjar dibidang Periyangan, Pawongan serta Pelemahan, dan pada saat itu juga para pemuda lebih banyak mencari pekerjaan sebagai petani. Dalam perjalanan selanjutnya kira-kira tahun 1970 an para tokoh Desa Sidakarya mendirikan sekaa teruna teruni yang diberi nama Sekaa Teruna Teruni Eka Panca Karya yang merupankan gabungan dari 5 banjar adat yang ada di Desa Pekraman Sidakarya antara lain : Banjar Dukuh Mertajati, Banjar Sekar Kangin, Banjar Tengah, Banjar Suwung Kangin dan Banjar Sari.

Dalam perjalannya 10 tahun terakhir gabungan sekaa teruna ini kurang semarak sejalan dengan perkembangan penduduk yg makin tahun makin bertambah, sehingga pada saat itu untuk pertama kali Banjar Dukuh Mertajati Desa Pekraman Sidakarya mendirikan sekaa teruna yang diberi nama PERSATUAN PEMUDA PELAJAR TUNASMUDA pada tanggal 5 Juli 1981 yang diprakarsai oleh : I Nyoman Kantun, I Nyoman Punia, I Ketut Suka, Ni Wayan Meri, Ni Wayan Derni, Ni Wayan Rusni, I Made Sunarka, I Nyoman Sura, I Wayan Narta dan yang lainnya.

Setelah turunnya SK Gubernur Tingkat I Bali tanggal 28 juni 1985 No.427/10083/Binsosmental tentang penggunaan istilah sekaa teruna didalam perkumpulan pemuda di setiap banjar adat, maka oleh para tokoh pemuda dan prejuru banjar nama Persatuan Pemuda Pelajar Tunasmuda di ganti menjadi SEKAA TERUNA TUNASMUDA yang berada dibawah naungan BANJAR DUKUH MERTAJATI, Desa pekraman Sidakarya, Kode Pos 80224, Denpasar , Bali.

ARTI TUNASMUDA, BENDERA DAN LAMBANG BENDERA
ST TUNASMUDA SIDAKARYA

Keberadaan SEKAA TERUNA TUNASMUDA Banjar Dukuh mertajati Desa Pekraman sidakarya memiliki bendera berwarna dasar Biru Langit yang ditengah-tengahnya berisi lambang dengan ukuran panjang 120 cm dan lebar 80cm, adapun maksud arti warna dan arti lambang bendera sebagai berikut:
  1. Tunas memiliki arti bibit dengan maksud para pemuda yang akan melanjutkan para orang tua dalam menjalankan Swadarmaning Agama dan Negara
  2. Muda memiliki arti Muda yang akan menjadi penerus untuk menjalankan kewajiban tugas belajar
  3. Warna dasar Biru Langit memiliki arti Kesejukan
  4. Lingkaran memiliki arti persatuan
  5. Obor memiliki arti Semangat
  6. Rantai Tiga memiliki arti persatuan antara warga banjar, para pemuda dan para orang tua (penglingsir/tokoh masyarakat)
  7. Sayap memiliki arti perkembangan
  8. Buku memiliki arti ilmu pengetahuan

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment